10 Panduan Memilih Nama Bayi yang Baik dan Benar

Memiliki seorang anak adalah anugerah yang sangat luar biasa dari Tuhan Yang Maha Esa. Bagi anda para pasangan suami istri yang baru saja mendapatkan karunia seorang bayi mungil yang lucu, sebaiknya anda mempertimbangkan 10 panduan memilih nama bayi yang unik berikut ini. Sebab nama adalah sesuatu yang sangat penting karena akan menjadi identitas seseorang seumur hidup, maka sebaiknya seorang anak juga mendapatkan nama yang layak.

  1. Menyiapkan Nama Sedini Mungkin
Mengingat nama adalah sesuatu yang sangat penting, sebaiknya pasangan suami istri sudah mempersiapkan nama yang terbaik bagi calon anak mereka kelak, bahkan akan lebih baik nama tersebut sudah mulai dipersiapkan sejak sang bayi masih berada di dalam kandungan. Hal tersebut akan berguna untuk orang tua dalam memilih nama nama yang paling baik, baik dari segi makna maupun sapaannya kelak.

  1. Mengikuti Tren
Memilih nama untuk buah hati harus mengikuti tren, namun jangan sampai melupakan makna yang kelak akan tersemat dalam nama tersebut. Mengikuti tren memang sangat disarankan supaya sang anak tidak minder kelak saat ia telah dewasa karena memiliki nama yang tidak sezaman dengan teman temannya. Walaupun terkesan sepele, hal ini sangat mempengaruhi kepercayaan diri seorang anak.

  1. Mewakili Karakter
Nama yang baik diberikan kepada sang anak adalah nama yang kelak dapat membuat sang anak tersebut memiliki karakter yang baik, sehingga nama yang diberikan harus diusahakan nama nama yang memiliki makna baik yang akan mengantarkan sang anak kepada karakter yang baik pula.

  1. Ejaan yang Tepat
Meskipun terkesan sepele, namun ejaan yang tepat dalam penulisan nama juga sangat penting. Hal ini akan berguna untuk menghindari pemaknaan ganda dari orang orang disekitar dan teman teman sang anak kelak.

  1. Melakukan Diskusi
Untuk memilih nama anak yang paling baik, sebaiknya pasangan suami istri saling diskusi, dan jika perlu mendiskusikannya juga dengan keluarga besar supaya mendapatkan masukan yang positif.

  1. Unik dan Original
Meskipun nama yang diberikan harus mengikuti tren, namun keunikan dan keoriginalan sebuah nama sebaiknya juga tetap menjadi pertimbangan utama, supaya tidak dianggap sebagai nama yang pasaran.

  1. Mempertimbangkan Masalah Seputar Nama
Nama yang diberikan kepada sang anak sebaiknya bukanlah nama nama yang kelak akan menimbulkan sebuah permasalahan, seperti nama yang dapat memancing  sebagai bahan ejekan ataupun olokan.
  1. Gunakan Berbagai Sumber
Nama yang diberikan kepada seorang anak sebaiknya didapatkan dari berbagai sumber, sebab hal tersebut akan lebih memperkaya nama sang anak.

  1. Cocok Sepanjang Masa
Sebagaimana nama yang mengikuti tren terkini, sebaiknya nama yang disematkan pada seorang anak akan tetap cocok untuk sepanjang masa kehidupan sang anak.

  1. Jangan Terlalu Panjang
Nama seorang anak sebaiknya jangan terlalu panjang, namun juga  jangan terlalu pendek, sebaiknya standar standar saja, antara 3 sampai 5 kata.

Artikel Terkait: